Kamis, 17 November 2011

jenis-jenis web browser dan cara menggunakannya

Jenis-jenis web browser dan cara menggunakannya

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjv8TbXPcjVFKIT-tBLkXZZyLv_cStGpJaOYVVUx3gy0ND9D04kpSOAP0UiCXK0DAqeLVE_Yym_2dXofchatSNkG1dKRINCTtkN4v4vr4LJatyMV_T1nWRhyUob40AVLpqI6MEhLkV_CxY/s200/browser.jpg
Web browser adalah aplikasi utama untuk browsing. Web Browser disebut juga sebagai perambah atau peramban, adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. Setiap akan mencari informasi, memainkan game kecil online, download dan lainnya selalu menggunakan web browser. Web browser di sini bisa berupa Internet Explorer, Opera, Safari, Google Chrome maupun Firefox.

Tak Asing lagi penggunaan browser sampai pada era sekarang ini memunculkan ide berbagai pihak-pihak Software Development. Tentu saja dengan alasan tidak ingin di unggulin oleh saingan dengan produk-produk serupa.

Bila menilik lebih jauh untuk mereview semua browser-browser itu satu persatu, pastilah tak terhitung jumblahnya. Karena masing-masing mempunyai kekurangan dan kelebihan tersendiri layaknya sebuah ciri khas. Mari kita kenali browser-browser mulai dari yang populer sampai yang tercepat saat ini.

Berikut bebarapa macam web browser yang ada di internet diantaranya :

1.
Chorme
Chrome dirancang agar berjalan secepat mungkin: Cepat dimulai dari desktop, memuat laman web dalam sekejap, dan menjalankan aplikasi web yang rumit dengan cepat. Pelajari lebih lanjut tentang Chrome dan kecepatan.
Untuk download
Chorme silahkan kunjungi http://www.google.com/chrome atau langsung download di sini

2. Arlington Kiosk Browser
http://www.arlington.com.au/akb/download.htm
Browser ini merupakan browser yang tepat jika anda menginginkan komputer anda terproteksi dengan keamanan dan pilihan filter pada browser ini yang cukup baik.

3. Desktop Web Browser
http://alphaomega.xoftware.free/fr/desktopwebbrowser/Desktop%20Web%20Browser.html
Dengan desktop web browser ini, anda dapat melihat halaman web langsung dari desktop, dan juga menyimpannya sebagai wallpaper dengan Desktop Web Browser ini.

4. Flock
http://www.flock.com/
Flock ini merupakan browser sosial internasional dunia pertama yang berbasis pada firefox dengan fitur-fitur menarik untuk memberikan pengalaman berkomunitas sosial di internet sambil browsing. Flock ini sangat cocok buat anda yang suka membuka friendster, mySpace atau FaceBook dan situs-situs komunitas lain.

5. K-Meleon
http://kmeleon.sourceforge.net/
k-Meleon ini merupakan software browser open source yang mudah, cepat dan bisa anda kustomisasi karena menggunakan mesin rendering yang sama seperti firefox

6. Mozilla Firefox
Mozilla merupakan salah satu web browser yang banyak diminati di kalangan masyarakat, karena telah terbukti kemampuannya. Performanya juga bisa diandalkan dibandingkan web browser yang lainnya. Salah satu fitur yang sangat dapat diandalkan adalah add-ons nya. Add-ons ini adalah seperti plug-ins yang disediakan secara khusus untuk web browser Mozilla Firefox.

7. Opera
http://www.opera.com/download/
Browser web opera ini merupakan browser yang keren, cepat dan aman. Selain itu juga menawarkan banyak fitur seperti browser pop-up, integrasi dengan tool translasi, filter URL dan banyak lagi.

8. ShenzBrowser
http://www.shenz.com/browsershenz.html
Browser shenz ini merupakan browser alternatif Internet Explorer dengan fungsionalitas yang hampir sama seperti Internet Explorer

9. Slim Browser
http://www.flashpeak.com/
SlimBrowser ini merupakan browser berukuran kecil terbaik dengan banyak fitur seperti pop up browser, integrasi dengan toolbar, keamanan dll.

10. Swift
http://www.zimmy.ca/projects/swift/
Swift ini memiliki kemampuan seperti Flock, yaitu browser berbasis komunitas sosial dan dengan mengedepankan kemampuan untuk integrasi dengan email, chat, dan website-website sosial populer lain seperti Friendster, MySpace, FaceBook, dsb.

11. Wyzo
http://www.wyzo.com/
Wyzo ini merupakan browser yang memprioritaskan kemampuan browsernya pada pengguna yang banyak melakukan download media, seperti video, mp3, dll.

Browser untuk Mac OS

12. Bump Car
http://www.freeverse.com/apps/app/?id=5003
Browser ini merupakan browser Mac yang stabil dan dibuat khusus untuk anak-anak dengan beberapa pilihan kustomisasi.

13. Camino
http://www.caminobrowser.org/
Fungsionalitas dan fitur-fitur pada browser yang baik ini sangat cocok dibandingkan dengan kapabilitas browser safaru dan kompetitor lainnya untuk Mac OS.

14. Omniweb
http://www.omnigroup.com/applications/omniweb/
Omniweb ini merupakan browser pertama untuk Mac, tetapi tidak terlalu begitu populer sekarang.

15. iCab
http://www.icab.de/
iCab ini memiliki banyak fitur yang tidak tersedia pada browser Mac lainnya, iCab merupakan pilihan pas untuk pengguna yang mencari browser yang bisa bekerja baik pada semua MacOS.

16. Shiira
http://shiira.ip/en.php
Dengan berkonsentrasi pada perlengkapan web untuk bahasa, Shiira menjadi Browser Mac dengan dukungan pada 12 bahasa.

17. SunRise
http://sunrisebrowser.com/en/
Browser open-source untuk Mac yang berbasis pada framework webkit ini memiliki kecepatan yang sangat cepat.

Browser Cross-Platform (untuk semua OS, windows, linux, dll) dan Lain-lain:

18. Amaya
http://www.w3.org/Amaya/
Amaya ini merupakan editor dan browser web multiplatform. Dengan fitur editornya, Amaya ini sangat cocok disandingkan pada pengguna dengan keperluan kolaboratif publishing dan browsing, seperti webmaster/pemilik web.

19. Arachne
http://home.arachne.cz/
Arachne ini merupakan browser grafis dengan berbasis DOS.

20. Dillio
http://www.dillio.org/
Dillio ini merupakan browser berbasis bahasa pemrograman C.

21. Epiphany
http://www.gnome.org/projects/epiphany/
Browser untuk desktop GNOME ini dapat membantu anda untuk dengan mudah memfokuskan pada isi website dengan pilihan import dari browser lain.

22. HotJavaBrowser
http://java.sun.com/products/archive/hotjava/3.0/index.html
Dengan dibuat dengan bahasa pemrograman java, browser ini merupakan browser pertama yang dapat berfungsi menampilkan applet java.

23. Konqueror
http://www.konqueror.org/
Berbasis pada mesin rendering HTML, Konqueror ini merupakan browser opensource untuk semua platform, terutama linux yang dapat mengantikan fungsi internet explorer.

24. Links
http://links.sourceforge.net/
Browser web yang berumur sangat tua ini untuk jaman sekarang merupakan browser teks open source yang mendukung tabel HTML, tetapi masih banyak digunakan oleh para programmer web.

25. Lolifox
http://lolifox.com/
Lolifox ini merupakan browser web yang seperti analogi firefox untuk pecinta animasi dengan banyaknya animasi menarik.

26. Mozilla SeaMonkey
http://www.mozilla.org/projects/seamonkey/
Browser dari mozilla ini merupakan browser yang cocok untuk kebutuhan browsing seperti integrasi dengan chatting dan fungsionalitas e-mail.

27. NetScape
http://browser.netscape.com/
Netscape ini merupakan salah satu dari browser tertua dengan maraknya evolusi internet. Browser ini bisa anda gunakan untuk banyak platform dengan fitur-fitur menarik seperti update berita, dll.

28. Off By One Web Browser
http://offbyone.com/offbyone/
Browser ini merupakan browser terkecil untuk platform windows.

29. Palary Browser
http://palary.org/
Palary browser ini merupakan browser yang bisa anda personalisasi untuk pengguna dengan kebutuhan keamanan yang bagus dan fitur bookmarking potabel.

30. Safari
http://www.apple.com/safari/
Safari ini merupakan browser terbaik untuk pengguna Mac


Cara menggunakan :
Elemen Web Browser
Hyperlinks:
Merupakan elemen navigasi yang paling dasar di Web browser. Link merupakan suatu teks yang akan membawa Anda ke halaman Web lain (atau tempat lain dalam halaman Web ), ketika anda klik di atasnya. Link biasanya dibedakan dari sekitar teks dengan warna yang berbeda dan bergaris bawah.
Link yang telah dikunjungi sebelum anda, biasanya akan memiliki warna yang berbeda untuk orang-orang yang belum berkunjung setelah Anda. Anda dapat menentukan standar Tampilan link di browser Anda "preferensi". Beberapa halaman akan tetap tampilan standar, tetapi lain tempat dapat ditentukan sendiri warna link.
Link mungkin juga dalam bentuk foto. Tidak ada panduan yang jelas untuk menentukan apakah gambar adalah link (kadang-kadang ada garis pembatas biru di sekitar gambar). Sebagian besar situs Web yang baik akan membuat pengunjung melihat gambar dan tertarik untuk diklik.
Bila Anda memindahkan kursor di atas link, bentuk kursor biasanya akan berubah menjadi icon tangan. Jalankan kursor Anda diatas link dan Anda akan melihat kursor berubah menjadi icon tangan dan status bar akan menunjukkan alamat URL.
Location/Address Box:
Cara lain untuk mendapatkan alamat situs Web adalah menulis URL di dalam kotak lokasi / alamat Untuk melakukan hal ini Anda harus tahu URL. Anda dapat mendapatkannya dari sumber eksternal (misalnya iklan, artikel di majalah, buku) - atau Anda dapat menyalin dan menyisipkannya dari tempat di komputer Anda (misalnya email). Jika menulis URL di web browser Anda harus pastikan bahwa yang Anda ketik sama persis seperti yang tertulis. Satu kesalahan kecil (seperti menggunakan salah titik) maka web browser tidak akan dapat menemukan halaman yang Anda inginkan. Setelah Anda mengetik (atau menyisipkan) URL, Anda perlu menekan tombol "Enter" untuk proses web browser menuju ke alamat URL tersebut.
Back Button:
Tombol Kembali: tombol navigasi ini adalah sebuah alat. Ini akan membawa Anda kembali ke halaman terakhir Anda membuka situs web.
Go Menu:
Buka menu yang adalah seperti tombol kembali, tetapi memiliki daftar dari semua halaman yang telah dikunjungi. Anda dapat menggunakannya untuk kembali ke halaman yang telah dikunjungi sebelumnya. Ia membawa Anda harus berulang kali tekan tombol kembali. Di Netscape, menggunakan "Buka" menu pada menu bar. Di Internet Explorer pada menu adalah tanda panah bawah di samping tombol Back.
Bookmarks/Favorites:
Bookmarks / Favorit: adalah tempat untuk menyimpan alamat situs web - sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan halaman situs web yang Anda sukai dengan cepat. Untuk menetapkan satu penanda di Netscape, pilih "Tambahkan Bookmark" dari "Penunjuk" menu. Di Internet Explorer penanda disebut "Favorit" - pilih "Tambahkan ke favorit" dari "Favorit" menu. Bila Anda ingin kembali ke halaman situs web kesukaan Anda, tinggal klik di bookmark,
Images:
Gambar membuat halaman Web terlihat menarik, tetapi gambar juga yang membuat beberapa halaman Web memakan waktu yang lama untuk loading. Jika anda menggunakan koneksi yang lambat Anda mungkin tidak ingin buang waktu anda dengan mendownload banyak gambar. Anda perlu menonaktifkan "Auto Load Images" atau "Tampilkan Gambar" di browser Anda melalui 'preferensi / pilihan. Jika Anda melakukannya Anda akan segera mengetahui bahwa Anda kehilangan banyak informasi yang ditampilkan oleh gambar tersebut. Jika Anda memutuskan apakah Anda ingin melihat gambar tertentu, Anda dapat memuat dengan mengklik tombol mouse sebelah kanan (kanan) di tempat gambar, dan memilih "Load Image" atau "Tampilkan Gambar" dari menu pop up. Anda dapat menyimpan gambar ke komputer Anda (tapi ingat tentang undang-undang hak cipta!) Dengan mengklik kanan (atau klik terus di mac) pada gambar Anda ingin menyimpan dan memilih "Simpan Gambar Sebagai ..." or "Save Picture As" dari menu pop up.
Home Button:
Home tombol (tombol di bar di bagian atas browser) akan membawa Anda kembali ke "rumah" halaman situs web . Anda dapat menentukan homepage Anda di halaman preferensi web browser Anda (atau "Internet Options"). Anda dapat membuat homepage apapun yang Anda inginkan - ini yang paling berguna jika Anda menjadikannya sebagai halaman yang Anda sering digunakan sebagai titik awal - Online misalnya.
Reload:
Tombol Reload tombol yang akan memuat lagi dari seluruh halaman situs Web. Hal ini berguna jika:
  • Bagian halaman yang hilang karena sesuatu terjadi saat ia sedang dimuat;
  • Anda akan mencari halaman web yang isinya sering berubah dan Anda ingin melihat konten baru.
New Browser Window:
Dengan memilih "New Web Browser" atau "... New Window" dari "File" menu Anda dapat membuka jendela web browser baru. Hal ini memungkinkan Anda untuk menyimpan satu halaman utuh saat Anda keluar dan menemukan halaman lain. Misalnya Anda mungkin ingin menyimpan sebuah halaman hasil pencarian di satu jendela web browser saat Anda menggunakan jendela lain untuk memeriksa hasil halaman. Jika Anda memutuskan halaman tidak cukup dari apa yang Anda inginkan, Anda dapat menutup jendela browser dan kembali ke daftar hasil pencarian tanpa harus kembali ke semula (cara yang baik yang dapat dilakukan adalah 'klik kanan' atau 'klik link’ dan memilih "Buka Link di New Window" dari menu popup).






Tidak ada komentar:

Posting Komentar